Pages

Monday, February 27, 2017

Obati Insomnia dengan 18 Makanan Ini

Susah tidur (insomnia) sebenarnya bukan penyakit tapi jika dibiarkan akan menjadi bahaya. Kelainan tidur ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa tapi juga anak-anak. Umumnya disebabkan oleh faktor psikologis seperti stres, ketakutan dan gangguan mental serta faktor biologis seperti usia, wanita hamil dan keturunan. 



Bahkan seorang penderita insomnia kronis bisa tersiksa lebih dari satu bulan dan mengalami masalah halusinasi yang parah seperti melihat benda seolah-olah bergerak secara lambat.

Cara Mengobati Insomnia

Cara mengatasi insomnia harus dilakukan dengan mempertimbangkan faktor penyebabnya. Misalnya melatih kebiasaan tidur yang baik, menghindari aktivitas berlebihan, rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

18 Makanan Obati Insomnia

Coba konsumsi makanan dan buah-buahan di bawah ini bila Anda mengalami gangguan susah tidur:

1. Telur Rebus

Susah tidur disebabkan oleh kurangnya asupan protein pada tubuh. Telur rebus mengandung protein tinggi dan cara memasaknya juga sangat mudah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin B yang bisa membantu menenangkan sistem saraf dan memudahkan Anda untuk tidur.

3. Almond

Jenis kacang satu ini dapat merangsang otot untuk rileks dan mudah tidur.

4. Susu hangat

Susu mengandung triptofan, asam amino, dan kalsium yang memberikan efek penenang dan memudahkan otak memberi perintah untuk tidur.

5. Madu

Glukosa pada madu berfungsi merangsang otak mematikan orexin. Orexin adalah neurotransmitter yang membuat orang tetap terjaga.

6. Ceri

Ceri meningkatkan pasokan melatonin, hormon yang bertugas mengatur siklus tidur. Selain itu, ceri juga mengandung antioksidan dan fitonutrien yang membantu tidur malam lebih mudah.

7. Anggur

Buah ini bisa membantu mengatasi insomnia karena mengandung melatonin.

8. Kiwi

Kiwi kaya akan zat antioksidan dan banyak mengandung asam folat. Keduanya membantu tubuh dalam memperlancar aliran darah.

9. Pisang

Pisang membantu tubuh memproduksi melatonin seperti ceri.

10. Manggis

Buah yang sudah populer dipakai untuk obat herbal. Termasuk mengatasi insomnia karena mengandung antioksidan tinggi.

11. Buah Naga

Buah ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan aliran darah dan merelaksasi otot-otot.

12. Markisa

Kandungan zat pottasium yang ada di dalamnya membantu perangsangan pada sel-sel saraf agar lebih rileks dan nyaman.

13. Delima

Kandungan senyawa dalam buah delima bisa meredakan insomnia yang diakibatkan oleh stress. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatnya daunnya. Caranya dengan meminum ramuan dari tumbukan daun delima sebanyak 3 gr yang direbus dengan 200 ml air bersih hingga tinggal seperempatnya saja. Minum sesaat sebelum tidur.

14. Popcorn

Popcorn merangsang  serotonin menginduksi otak untuk rileks. Hindari popcorn dengan mentega dan minyak.

15. Roti

Roti mengandung glikemik cukup tinggi yang membuat mata mudah mengantuk. Sebaiknya Anda makan empat jam sebelum tidur.

16. Coklat hitam

Makan coklat hitam membuat pikiran lebih santai. Senyawa dalam coklat hitam dapat mengurangi hormon kortisol yang membuat stres di otak. Karena coklat juga mengandung kafein, hindari memakannya sebelum tidur.

17. Teh hijau

Minum teh hijau dapat membuat pikiran lebih rileks. Teh hijau juga dikenal mencegah gejala sleep apnea, yaitu gangguan tidur serius dimana pernapasan sering berhenti selama tidur.

18. Ramuan Kangkung, Pala dan Seledri

Anda bisa merebus atau mengejus ketiga bahan tadi lalu minum secara rutin sebelum tidur. Adapun kangkung berfungsi sebagai pemicu kantuk. Sedangkan pala membuat enak tidur dan seledri lebih berperan mengstabilkan tekanan darah.

No comments:

Post a Comment