Pages

Sunday, February 26, 2017

Hidup Sehat dengan Senyum

Siapa dari kita yang tidak suka tersenyum? Atau sebaliknya, siapakah dari kita yang tidak mau mendapatkan senyuman?! Ketika sedang murung, cobalah tersenyum. Beban persoalan untuk sejenak pasti akan hilang. Seperti sepenggal lagu dewa: Hadapi dengan senyuman. . . semua kan baik-baik saja!


Senyum istri dan putriku


Senyum adalah ekspresi paling dasar dari kebahagiaan yang dipancarkan oleh lekukan bibir. Frekuensi bersenyum ternyata mendatangkan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

Sebuah penelitian mendeteksi bahwa orang yang tersenyum lebar hidup lebih lama 4.9 tahun daripada orang yang tersenyum tipis. Bahkan hidup lebih lama 7 tahun daripada yang tidak tersenyum sama sekali.

Setiap kebudayaan memiliki ekspresi senyum yang berbeda-beda. Masyarakat desa memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi ketimbang penduduk kota. Hal itu karena budaya senyum tutur sapa masih hidup di pedesaan. Berbeda dengan perkotaan. Di Amerika, senyum berfokus pada bibir. Dan di Jepang, senyum berpusat pada mata. Itu sebabnya, emotion chat senyum Amerika digambarkan dengan simbol :) sedangkan di Jepang memakai simbol ^_^. Sudah tahu bedanya kan?

Manfaat Senyum bagi Kesehatan

Seperti diketahui, wajah kita lebih mudah tersenyum ketimbang cemberut. Beberapa ahli mengatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Orang yang gemar tersenyum memiliki resiko kecil terkena serangan jantung karena orang yang suka cemberut berpeluang terkena serangan mematikan ini.

Berikut 13 manfaat senyum bagi kesehatan tubuh kita:

1. Senyum membuat kita lebih menarik

Orang merasa lebih nyaman kepada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri dan akan terlihat sebagai orang yang selalu berpikiran positif. Ingat, orang yang memiliki kelaian saraf fasial atau parkinson, ingin sekali tersenyum tapi tidak kuat melakukannya.

2.  Senyum mengubah suasana hati

Mudah saja melakukannya. Cobalah tersenyum ketika Anda sedang kesal atau sedih. Seluk beluk permasalahan akan lebih ringan dihadapi bila kita terbiasa tersenyum.

3. Senyum dapat meredakan stres

Stres bisa datang dari rutinitas keseharian. Solusinya, jadikan senyum sebagai rutinitas positif Anda. Biasakanlah tersenyum bahkan kepada diri Anda sendiri. Bila stres berkurang, maka Anda akan menjalani kehidupan dengan pikiran positif.

4. Senyum menularkan kebahagiaan pada orang lain

Senyum bisa menciptakan suasana lebih cerah dan menebarkan energi kebahagiaan di sekitar kita. Orang yang suka tersenyum akan membawa kebahagiaan untuk orang-orang di dekatnya. Cara supaya disukai banyak orang: Jangan pelit tersenyum!

5. Senyum menurunkan tekanan darah

Salah satu pemicu tekanan darah adalah perasaan negatif seperti marah, kesal dan jengkel. Cara praktis untuk menurunkannya adalah dengan tersenyum. Bila tidak percaya, lakukan tes dengan alat pengukur tekanan darah. Buktikan sendiri kebenarannya!

6. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sewaktu seseorang tersenyum, sistem imun di dalam tubuh akan bekerja dengan lebih baik. Karena tubuh akan mengeluarkan semacam zat kimia yang berfungsi meningkatkan kekebalah tubuh. Ketika fungsi imun mengalami peningkatan, maka dia akan merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin

Sebuah penelitian membuktikan bahwa senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa pengurang rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat alami.

8.  Senyum bisa mempercepat proses penyembuhan

Senyum bisa mengurangi produksi hormon efinefrin dan kortisol. Hormon ini memiliki pengaruh memperlambat proses penyembuhan.

9. Membuat orang terlihat sukses

Orang yang suka tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan. Coba siapkan senyum ketika misalnya Anda mulai rapat dengan rekan kerja, maka Anda akan mendapatkan reaksi yang berbeda!

10. Membuat orang terlihat lebih muda

Pergerakan otot saat tersenyum membantu mengangkat dan melenturkan kulit wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Muda Anda ditentukan oleh kualitas senyuman yang Anda berikan!

11. Membantu tetap berpikiran positif

Senyum meminimalisir pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai resiko penyakit.

12.  Senyum bisa menyehatkan jantung

Sebuah studi dari Stanford University menunjukkan bahwa senyum dan tertawa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh. 20 menit tertawa, setingkat dengan lima menit aerobik dalam gerakan mendayung bahkan ada yang mengatakan bahwa tertawa 1 menit sebanding dengan bersepeda 15 menit.

13. Senyum bernilai ibadah

Karena sifatnya sebagai penebar kebahagiaan, bagi umat Islam senyum adalah pundi-pundi pahala. Senyum bukan lagi sekedar kebiasaan tapi juga ibadah. Sebagaimana pesan Rasulullah Saw.: Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah. Kalau mau sedekah secara murah meriah bernilai ibadah, tersenyumlah!

Ternyata seuntai senyum memberikan manfaat yang luar biasa. Tapi tersenyumlah pada waktu dan tempatnya! Jangan tersenyum apalagi tertawa pada orang yang sedang tertimpa musibah! Dan yang lebih penting, jangan suka senyam-senyum ketika sendirian! Karena orang akan menilaimu sedang jatuh cinta atau jatuh gila.

Ini senyumku ^_^. Mana senyummu?

No comments:

Post a Comment