Pages

Saturday, February 25, 2017

Manfaat Rumput Laut Latoh

Pernah dengar Latoh? Ya, sejenis rumput laut yang banyak ditemukan di daerah pesisir Jawa Tengah seperti Jepara, Pati dan Lasem. Di Sulawesi dikenal dengan nama Lawi-lawi. Bentuknya seperti telur ikan. 

Latoh segar siap disantap
Sumber gambar di sini 
Berwarna hijau dan mengandung rasa asin alami. Biasanya dimasak urap dan disajikan bersama lauk ikan. Atau kadang bisa dimakan mentah begitu saja. Terdengar bunyi kletus kletus ketika kita mengunyahnya.

Bisa juga dimasak urap khas parutan kelapa
Sumber gambar di sini

Rincian kandungan nutrisi Latoh dalam kadar per 100 gr :

1. Jumlah Kandungan Energi = 18 kkal

2. Jumlah Kandungan Protein = 0,5 gr
3. Jumlah Kandungan Lemak = 0,9 gr
4. Jumlah Kandungan Karbohidrat = 2,6 gr
5. Jumlah Kandungan Kalsium = 307 mg
6. Jumlah Kandungan Fosfor = 307 mg
7. Jumlah Kandungan Zat Besi = 9,9 mg
8. Jumlah Kandungan Vitamin A = 0 IU
9. Jumlah Kandungan Vitamin B1 = 0 mg
10. Jumlah Kandungan Vitamin C = 1,3 mg

Khasiat Latoh bagi kesehatan

Bermanfaat bagi Kesehatan Mata

Latoh sangat baik mengobati masalah penglihatan. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya berfungsi sebagai nutrisi yang akan memperbaiki gejala kerusakan organ mata.

Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa gangguan kesehatan tulang seperti penyakit rematik bisa diobati dengan mengkonsumsi rumput laut ini. Selain vitamin A, Latoh juga mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang.

Memperlancar Metabolisme Tubuh

Latoh menjaga organ pencernaan agar tetap prima. Kandungan seratnya berkhasiat meringankan proses metabolisme tubuh terutama untuk melancarkan pergerakan makanan dalam usus.

Mencegah Kanker dan Toksin

Rumput laut ini mengandung zat anti karsinogen sehingga baik untuk mencegah penyakit kanker. Di samping itu, juga mengandung zat anti bakteri yang berguna mematikan racun pada tubuh.

Saking banyaknya khasiat tanaman laut ini, masyarakat China, Jepang, Korea dan beberapa negara Eropa meminatinya.

Terakhir, pastikan Latoh dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Ingat, jangan dicuci dengan air es, karena mengakibatkan rumput laut itu mengempis!

Sebagai saran, Latoh harus dikonsumsi dalam keadaan segar. Selain agar kandungan gizinya tidak hilang, biar Anda merasakan sensasi kletus kletus-nya.



No comments:

Post a Comment