Pages

Sunday, February 26, 2017

Khasiat Luar Biasa di Balik Benalu Mangga

Tidak ada ciptaan yang sia-sia. Meskipun keberadaanya merugikan, ternyata benalu berkhasiat ampuh bagi kesehatan.


Sumber di sini

Benalu memang dikenal sebagai tumbuhan parasit yang mengganggu tumbuhan lain. Sering dijumpai di pohon-pohon besar seperti mangga, rambutan dan belimbing. Orang Jawa menyebutnya kemlandean sedangkan dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama mangandeuh.

Bila sedang mengamati pohon mangga, kita kerap melihat ada tumbuhan rambat yang menempel di dahan dan batang pohon, berbentuk lonjong tipis dengan daun-daun tebal sebesar koin berwarna hijau. Itulah benalu mangga. Bunga tanaman parasit ini berkelamin tunggal dan biji buahnya menghasilkan getah yang lengket.  

Perlu diingat, benalu satu pohon dengan pohon lain mempunyai khasiat yang berbeda-beda. Manfaat benalu pada pohon mangga berbeda dengan manfaat benalu pada pohon belimbing.

Khasiat Benalu Mangga

Benalu mangga mengandung tannin, flavanoid kuersetin, rutin, meso-inositol dan sebagainya. Senyawa-senyawa ini berfungsi mencegah, menghambat atau memperlambat pertumbuhan enzim DNA sel kanker. Benalu mangga sering dipakai obat tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit serius.

Beberapa khasiat benalu mangga antara lain:

Mengobati Gejala Nyeri Pinggang

Caranya: Anda ambil kurang lebih 9 lembar daun benalu lalu mencucinya sampai betul-betul bersih. Kemudian rebus dalam air sebanyak 2 liter hingga susut setengahnya. Air rebusan dibiarkan dingin dahulu lalu diminum 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan malam.  Untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghindari efek samping, jangan lupa perbanyak minum air putih.

Mengatasi Gangguan Kelenjar Prostat

Sama seperti sebelumnya, ambil 9 atau 10 lembar daun benalu mangga lalu Anda rebus kemudian saring airnya, biarkan dingin lalu minum tiga kali sehari.

Mengatasi Gangguan Organ Usus, Tumor, Amandel, dan Kanker

Tidak seperti cara di atas, kali ini Anda perlu menghaluskan daun benalu yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sampai halus. Kemudian seduh seperti membuat kopi, lalu minum secara rutin. Dosis yang aman tidak lebih dari 10 gram. Jangan mengkonsumsi ramuan bubuk benalu mangga lebih dari itu.

Anda juga bisa mengolahnya dengan cara lain. Yaitu, angin-anginkan benalu yang sudah Anda cuci bersih hingga kering. Jangan menjemur benalu di bawah terik matahari karena dapat menghilangkan kandungan zat yang diperlukan untuk melawan kanker. Setelah kering, pisahkan daun dan tangkainya. Lalu masukkan jadi satu ke dalam kantong plastik kemudian injak-injak hingga jadi kepingan-kepingan kecil. Setelah terlihat hancur, ambil sekitar 150 gram benalu kemudian rebus dengan 9 gelas air. Jika air sudah menyusut menjadi sekitar 6 gelas, angkat lalu dinginkan. Ramuan 6 gelas ini untuk Anda minum beberapa kali dalam sehari.

Peringatan

Anda harus hati-hati saat mengolahnya sebab benalu juga mengandung racun yang dalam kadar tertentu berakibat buruk bagi tubuh. Yang harus Anda perhatikan ketika merendam atau merebus adalah jangan menggunakan alat yang berbahan logam. Sebaiknya gunakan wadah dari gerabah (tanah liat). Tujuannya untuk menyerap racun yang ada dalam benalu sehingga lebih aman dikonsumsi. Bila ingin mendapatkan hasil maksimal, rebus sampai tiga kali supaya racunnya hilang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment