Pages

Tuesday, February 28, 2017

Ketahuilah Manfaat Kesehatan dari Berhijab

Hijab secara populer dipahami sebagai salah satu atribut pakaian penutup aurat wanita muslimah. Aurat adalah bagian tubuh perempuan yang harus ditutupi. Dalam agama Islam, kaum wanita mendapatkan kehormatan menjalankan kewajiban menutup aurat.


Foto diambil dari sini
Di samping untuk menaati perintah agama, dilihat dari dunia medis, berhijab (termasuk berjilbab) ternyata menyimpan manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan tubuh kaum hawa.

Mengapa Tubuh Wanita Perlu Ditutupi

Kandungan melanin (zat protein yang menentukan warna kulit) dalam tubuh wanita lebih sedikit dibandingkan laki-laki sehingga tubuh wanita lebih perlu dilindungi dari sengatan matahari. Selain itu, untuk menyerap sinar matahari yang cukup dan baik bagi kesehatan, cukup dari wajah dan telapak tangan. Dengan berhijab, seorang muslimah tidak akan kehilangan manfaat sinar matahari yang dibutuhkan tubuh.

Untuk lebih mengetahui manfaat berhijab, berikut paparan fakta medis yang membuktikan bahwa hijab begitu menyehatkan tubuh wanita.

Mencegah Timbulnya Kanker Kulit

Menurut penelitian, wanita mempunyai jumlah pigmen yang lebih beresiko terkena kanker kulit. Kanker kulit diakibatkan ketidakstabilan sel kulit yang dipicu oleh beberapa hal seperti zat kimia, radikal bebas, dan paparan ultra violet sinar matahari. Kulit wanita memiliki daya tahan lebih rendah dariapda kulit pria. Sinar UV matahari dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan mengubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Dengan berhijab, tubuh wanita lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit.

Mencegah Peradangan Kulit Luar (Solar Keratoses)

Penyakit ini menyerang bagian wajah dan punggung tangan dan bisa menyebabkan kulit bersisik kasar dan sensasi terbakar pada kulit. Memakai hijab mencegah kulit luar mengalami peradangan.

Menjaga Kesehatan Rambut

Hijab akan melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Sehingga kesehatan rambut wanita berhijab akan lebih terjaga.

Memperlambat Penuaan Dini

Salah satu penyebab penuaan adalah terkena paparan sinar matahari yang menyebabkan rusaknya jaringan elastin daln kolegan pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi tidak lentur dan timbul gejala penuaan seperti keriput. Berhijab mencegah tubuh dari terkena langsung paparan sinar ultraviolet matahari. Itu karena hijab terbukti lebih efektif daripada cream pelindung kulit.

Antibodi bagi Wanita

Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong-kantong ASI pada ibu menyusui. Rahim sebelah kanan terhubung dengan payudara kanan dan rahim sebelah kiri terhubungan dengan payudara kiri. Kandungan vitamin dan vaksinasi yang terdapat di dalam ASI dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh. Hijab plus jilbab yang menutupi area payudara berfungsi melindungi enzim tersebut agar tidak pecah.

Melindungi Tubuh dari Panas dan Dingin

Pakar kesehatan menyarankan saat berada di bawah sinar matahari sebaiknya menggunakan pakaian tertutup terutama pada bagian kepala, mata, dan leher untuk mengurangi resiko kerusakan otak. Pada suhu dingin juga disarankan untuk memakai pakaian yang tertutup di tubuh dan kepala untuk menjaga tubuh tetap hangat. Tubuh dengan suhu dingin terlalu lama dapat menyebabkan hipotermia, flu dan gemetar.


Demikian manfaat hijab yang bisa dirasakan seorang muslimah bila ditinjau dari aspek kesehatan. Memakai hijab semestinya menjadi keniscayaan bagi perempuan muslimah setelah menginjak baligh. Sehingga tidak perlu menempatkan faktor kesehatan  sebagai pertimbangan utama berhijab. Tapi sebaiknya setiap wanita muslimah berhijab semata-mata karena menjalankan perintah agama. 

No comments:

Post a Comment