Pages

Wednesday, March 1, 2017

10 Alasan Mengapa Perlu Sering Konsumsi Ikan Bandeng

Bandeng merupakan sejenis ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Rasanya yang gurih, tidak asin dan tidak mudah rusak saat dimasak membuatnya banyak digemari. Selain itu di balik dagingnya yang terbal, tersimpan banyak nutrisi yang berkhasiat mencegah sejumlah penyakit serius.

Ikan bandeng mudah ditemukan di pasaran. Harganya terjangkau dan stabil, berkisar 25.000 sampai 30.000 rupiah. Karena memiliki banyak duri, ikan bandeng sering dijual dalam bentuk presto.

Ikan bandeng menyimpan kandungan protein 20 gram, energi 129 kkal, fosfor, 150 mg, lemak 4,8 gram, kalsium 20 mg, zat besi 2 mg, vitamin B1 0,05, vitamin A 150 IU serta omega 3.

Berikut ini manfaat kandungan nutrisi ikan bandeng bagi kesehatan:

Menjaga Kesehatan Saraf

Ikan bandeng bisa memasok kebutuhan lemak Omega 3. Yaitu lemak esensial yang tidak mudah rusak meski sudah dimasak dengan suhu dan tekanan tinggi. Lemak Omega 3 sangat bagus untuk kesehatan saraf. Apalagi saraf otak, bisa mencegah penyakit alzheimer dan demensia.

Mencukupi Kebutuhan Kalori

Tubuh manusia rata-rata 2200 kalori. Satu ekor ikan bandeng yang Anda makan bisa menyuplai 200 kalori. Sehingga mengkonsumsi bandeng membuat Anda tidak mudah lapar.

Menurunkan Kolestrol

Ikan bandeng mengandung lemak tak jenuh dengan kadar tinggi yang berguna untuk membantu melakukan penekanan bila terjadi penumpukan lemak jahat di dalam tubuh.

Mengobati Stres

Stres bisa diobati antara lain dengan kombinasi makanan berkabohidrat tinggi dan protein seperti ikan Bandeng. Kombinasi karbohidrat dan protein yang terkandung di dalamnya akan menghasilkan glukosa dan trigliserida yang berfungsi sebagai obat stres.

Menurunkan Tekanan Darah

Ikan bandeng makanan yang disarankan agar dikonsumsi penderita penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan omega 3 pada ikan bandeng berfungsi menurunkan dan menormalkan tekanan darah tinggi.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Seperti ikan salmon, ikan bandeng memiliki ngan asam lemak omega 3 yang bermanfaat dalam mencegah terkena resiko jantung koroner. Ikan ini dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh.

Mencegah Stroke

Penyakit stroke terjadi karena penyumbatan pada pembuluh darah. Mengkonsumsi ikan bandeng secara rutin bisa membersihkan darah kotor dan melancarkan peredaran darah.

Mencegah Osteoporosis

Kalau Anda mau mempunyai tulang yang kuat, sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti ikan bandeng. Tingginya kandungan kalsium di dalam ikan bandeng mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).

Menyehatkan Mata dan Mencegah Katarak

Penyakit katarak diakibatkan oleh kurangnya vitamin A di dalam tubuh. Salah satu cara mengatasinya adalah memperbanyak makanan yang mengandung vitamin A seperti ikan bandeng. Rutin mengkonsumsinya bisa mencegah iritasi mata, membuat bola mata lebih jernih dan bisa mencegah penyakit katarak.

Meningkatkan Penglihatan dan Kecerdasan Anak

Ikan bandeng ternyata juga sangat baik dikonsumsi anak-anak karena dapat membantu penglihatan si kecil semakin bagus dan sehat. Selain itu, buang hati Anda akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya.

Cara Pengolahan

Untuk mengatasi masalah kesehatan dan penyakit di atas, ikan bandeng harus dikukus atau dimasak sup. Dengan alasan untuk mengurangi kadar minyak yang terdapat di tubuh ikan bandeng apabila digoreng. Sebaliknya, apabila kita makan ikan bandeng goreng, maka kadar kolestrol dalam tubuh kita akan naik.

Harganya yang ekonomis, mudah ditemukan di pasar ditambah khasiat ampuhnya mengatasi berbagai macam penyakit serius patut Anda pertimbangkan untuk memasukkan ikan bandeng ke daftar meno favorit. 

No comments:

Post a Comment